Senin, 27 Agustus 2012

TEKNIK PENDEKATAN UNTUK MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN


II. Teknik Pendekatan Stimulus Respon
Menurut saya teknik pendekatan stimulus respon dalam mempengaruhi konsumen ialah bagaimana cara pelayanan yang diberikan kepada konsumen agar menarik suatu pelanggan.
Dan bagaimana cara kita memasarkan produk kepada konsumen agar meluas.
teknik ini merupakan teknik penyampaian ide-ide atau pengetahuan tentang suatu produk dan merek Kepada konsumen agar konsumen tertarik atau termotivasi untuk mengambil keputusan membeli produk-produk yang disampaikan itu. Dengan kata lain, pemilik toko atau pramuniaga memberikan stimulus berupa produk-produk yang ada dalam toko, kemudian diharapkan konsumen dapat meresponnya secara positif. Misalnya seorang ibu menanyakan. pakaian untuk bayi, maka pramuniaga memberikan informasi tentang merek, kualitas, dan warna berbagai macam pakaian bayi. Kemudian konsumen diarahkan untuk membeli di antara alternatif yang cenderung mendapat perhatian atau tanggapan positif dari ibu tersebut. Dengan demikian si ibu akan lebih mudah mengambil keputusan.
II. Teknik Pendekatan Humanistik
menurut saya teknik tersebut merupakan teknik bersama dimana keputusan ada ditangan konsumen ,mereka bebas .contohnya :menawar harga,mengganti produck dengan yang baru apabila ada kerusakan pada produk tersebut.
Teknik ini merupakan teknik pendekatan yang bersifat manusiawi. Dalam teknik ini keputusan membeli sepenuhnya diserahkan kepada konsumen yang bersangkutan. Pemilik toko atau pramuniaga hanya lebih bersifat menyediakan berbagai jenis produk, merek, warna, kualitas, dan memberikan informasi tentang manfaat, kebaikan dan kelemahan yang terdapat pada masing-masing produk yang tersedia.
III. Teknik Pendekatan Kombinasi antara Stimulus-Respon dan Humanistik.
Teknik ini merupakan teknik pendekatan dari hasil kombinasi antara teknik stimulus-respon dan teknik humanistik, pemilik toko atau pramuniaga dalam menghadapi konsumen lebih bersifat mengkondisikan perilaku yang memungkinkan konsumen terimotivasi untuk membeli, namun keputusan membelinya diserahkan kepada konsumen.
Misalnya baring;-haring; (IiSLISUII dengan berbagai bentuk yang menarik konsumen, display baring disusuii teratur yang memungkinkan menjadi pusat perhatian koiiRlmoti, produk ditampilkan dengan berbagai merek yang menarik.IV. Teknik Pendekatan Dengan Komunikasi yang PersuasifTekok ini merupakan teknik pendekatan dengan. menggunakan komunikasi persuasif .

IV. TEKNIK MENJUAL PERSUASIF.
Teknik presentasi yang jelas, ringkas dan persuasif; Mampu menentukan pilihan suara, cara artikulasi, bahasa tubuh, kontak mata dan gerak gerik tubuh. Hubungan Teknik Komunikasi Persuasif Bidan Kepada Pasien.dan dosen kepada mahasiswa.dlln. 
Teknik Komunikasi Persuasif 

Teknik komunikasi persuasif adalah satu teknik memotivasi kerja yang dilakukan dengan cara mempengaruhi dari luar diri.Rumus teknik komunikasi persuasif adalah
ADIDAS
sebagai berikut :
Attention, yaitu perhatian yang penuh 
Desire, yaitu hasrat dan keinginan yang membara
Interest, yaitu minat dan kepentingan 
Desicion, yaitu keputusan yang tepat
 Action, yaitu tindakan nyata
 Satisfaction, yaitu kepuasan atas hasil yang dicapai

Penulis : Awaludin Jamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar